top of page

Open House Idul Fitri 1444 H Menjadi Momen Kebangkitan Merajut Silaturahmi

Bogor 22 April 2023, Open house atau silaturahim dan berhalal bihalal ala hari raya lebaran di tahun ini merupakan acara rutin setiap perayaan Idul Fitri sebagai hari kemenangan pasca puasa Ramadhan. Open house rutin setiap masuk 1 Syawal setelah habis bulan suci Ramadhan ini dalam keadaan sukacita walaupun dengan kesederhanaan. Namun tetap memberikan kesan indah dan sesuatu yang luar biasa bagi setiap orang yang merayakannya.


Demikian open house lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah yang digelar oleh Bima Arya - Walikota Bogor di kediaman pribadi daerah Katulampa Kota Bogor dan Dedi Rachim - Wakil Walikota Bogor di kediamannya di perumahan Bogor Raya Lakeside menyambut hangat kehadiran kami ber-enam dari Gereja HKBP Bogor yaitu:

1. Pdt Anwar Pitua Nababan M.Th – Pimpinan HKBP Resort Bogor

2. St. Haposan Pasaribu S.Pd – Sekretaris Huria

3. St. ST. Gultom – Ketua Dewan Koinonia

4. St. Erwin Marpaung – Ketua Sie Kemasyarakatan

5. St. Begman Hutajulu – Ketua Forum Parhalado

6. CSt. Pakmo Pasaribu – Anggota Sie Kemasyarakatan



Setelah kurang lebih 2 tahun karena pandemi Covid-19 yang membatasi ruang gerak dan silaturahmi, tahun ini berkat Tuhan semua keadaan berjalan dengan baik dan sukacita.


Seperti yang dirasakan Pendeta Anwar Nababan, pimpinan wilayah Kota Bogor Huria Kristen Batak Protestan (HKBP). Baginya, open house ini momen silaturahim yang luar biasa tidak saja oleh umat Islam, tapi semua warga masyarakat Kota Bogor.

Seluruh masyarakat termasuk pihak Gereja diterima dan dilayani dengan baik di perayaan Idul Fitri ini sehingga menjadi hari kemenangan untuk semua. Dirasakannya tidak ada pembedaan dan sangat bersyukur atas perayaan hari raya Idul Fitri tahun ini.

Sikap Pak Bima Arya menurut Pendeta Anwar, patut dihormati dan umat Kristen sangat menghargainya sebagai anak bangsa dalam menjaga kebersamaan masyarakat di Kota Bogor serta mempertahankan keutuhan NKRI. Pendeta HKBP Bogor menegaskan pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung upaya dan tekad Pak Bima Arya beserta seluruh jajaran Pemkot Bogor mewujudkan Kota Bogor hadir sebagai kota yang guyub (kekeluargaan) dalam hidup berdampingan dengan berbeda agama.


"Silaturahim sangat luar biasa. Bapak Walikota Bogor welcome (terbuka) menyambut kehadiran kami di sela sela waktu yang sangat padat dimana Bapak Bima memiliki agenda lain yang harus berangkat ke Jakarta. Semua kalangan termasuk kita dari Gereja diterima dengan hangat, pandangan kami bahwa Pemimpin yang membina hubungan antar umat beragama itu bisa terjalin dengan baik dan harmonis di kota Bogor dan tertata dengan baik" kata St. Erwin Marpaung.


Sementara itu, di kediaman jabatan Bapak Wakil Wali Kota Bogor Dedi Rachim, suasana open house juga diwarnai dengan kehadiran para tamu yang ingin bersilaturahmi. Bersama sang istri Yanti Rachim, menyambut setiap tamu yang datang berkunjung. Baginya, open house menjadi sarana menjalin keakraban dan kekeluargaan dengan berinteraksi antara keluarga, teman, tetangga dan masyarakat.

"Mudah-mudahan lebaran tahun ini dan kedepannya memberikan kesejukan, kedamaian untuk masyarakat bersilaturahmi dan saling memaafkan. Wakil Walikota Bogor sangat mengharapkan kebersamaan dan keberagaman di Kota Bogor ini senantiasa terjaga," ujarnya.

"Open house juga menjadi wadah kita mempererat tali silaturahmi yang memang sudah terjalin. Apalagi di hari-hari biasa kita disibukkan dengan segala aktivitas, pada momen inilah kita berkesempatan saling bertemu dan bermaaf-maafan," ucapnya.


Hari Raya Idul fitri tahun ini menjadi momen kebangkitan dalam merajut tali silaturahmi setelah melewati masa pandemi lalu. Menurutnya, sepanjang bulan Ramadan ini situasi dan kondisi keamanan di Kota Bogor selalu kondusif. Aktivitas masyarakat juga masih terpantau tidak menimbulkan kemacetan yang begitu parah.


Demikian pula ketersediaan dan harga pangan masih terkendali.

"Memang terjadi kenaikan pada sejumlah komoditas namun masih terbilang stabil," ungkapnya.



Sumber: EM



Comments


bottom of page